Selasa, 12 Maret 2019

Testimoni Mata Kuliah Manajemen Basis Data

Assalamualaikum...

Hallo semuanya! Apa kabar?

Semoga kita semua selalu diberi kesehatan di musim hujan ini, ya.. (btw, di daerah saya sekarang lagi musim hujan. Gimana di daerah kalian?)

Oke. Sekarang kita lanjut aja, ya..

Ini adalah postingan pertama saya di blog pertama saya juga, hehe. Dan kali ini, dikarenakan ada tugas dari bapak dosen, Bapak Endang Kurniawan, S.Kom., M.M., M.Kom., CEH., CHFI., CIPM., saya bakalan nge-share pengalaman selama mengikuti mata kuliah Sistem Manajemen Basis Data. Iya.. Sistem Manajemen Basis data yang itu...

Jadi gini, menurut yang saya baca di buku dan internet, Sistem Manajemen Basis Data atau lebih enaknya kita singkat jadi SMBD, adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna.

Well, sebenernya saya masih newbie banget soal mata kuliah ini. Bahkan saat tulisan ini dibuat, saya baru mengikuti satu-dua kali perkuliahan tentang SMBD tersebut.

Tapi, berdasarkan apa yang sudah saya praktikkan kemarin, dengan petunjuk dari bapak dosen tercinta, saya rasa mata kuliah ini bakalan  jadi petualangan baru buat saya (Haha). Mata kuliahnya itu susah-susah gampang, gitu loh.. Kayaknya kalau meleng dikit aja, kita bakalan ketinggalan banyak. T_T

Heuuu.. banyak banget hal-hal yang baru saya tau. Kemarin juga saya baru kenalan sama Xampp dan Navicat. Mau bikin basis data, nih, ceritanya.

Untuk Xampp dan Navicat ini pakai program MySQL. Kelebihannya, sih, karena dia Open Source, jadi dia nggak perlu beli lisensi. Tapi kekurangannya, bisa jadi data yang udah kita buat jadi nggak aman. T_T

Yah, intinya sih, untuk newbie seperti saya, belajar SMBD ini benar-benar luar biasa. Yang sebelumnya nggak tau jadi lebih tau. SMBD itu menantang loh! Kamu harus coba, ehehe..

Akhir kata, saya cukupkan dulu curcol saya sampai disini. Insya Allah lain kali saya post pengalaman-pengalaman baru saya. Oh iya, jangan lupa kritik dan saran yang membangun biar next tulisan saya lebih baik lagi. Oke? Terima kasih..

Wassalamualaikum..

6 komentar:

Testimoni Mata Kuliah Manajemen Basis Data

Assalamualaikum... Hallo semuanya! Apa kabar? Semoga kita semua selalu diberi kesehatan di musim hujan ini, ya.. (btw, di daerah saya se...